Tuesday 22 February 2011

170 Penelitian Siswa Dipamerkan di UI


Sebanyak 170 proyek penelitian siswa bakal dipamerkan dalam kegiatan Olimpiade Proyek Sains Indonesia atau Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) 2011. Kegiatan ini berlangsung di Balairung Universitas Indonesia (UI), Depok, Rabu (23/2/2011) hingga Kamis (24/2/2011).

Program ISPO bertujuan mendorong remaja Indonesia untuk mencintai ilmu pengetahuan, membudayakan berpikir ilmiah, melakukan penelitian dan mengembangkannya, serta menghasilkan produk ilmiah. Kegiatan yang digelar ketiga kalinya sejak 2009 ini dijadwalkan akan dibuka Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal.

Presiden ISPO Bambang Sudibyo menjelaskan, kegiatan ISPO untuk mendukung kebijakan Kementerian Pendidikan Nasional yang hendak meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga untuk membantu membangun budaya kritis, melakukan penelitian, dan menghasilkan penemuan-penemuan baru yang orisinal.

"ISPO bisa jadi wadah peneliti muda untuk berkompetisi sehat pada tingkat nasional dan mendorong lingkungan pembelajaran yang nyata dengan menafsirkan hal-hal yang abstrak dalam sains ke proyek yang realistis," kata mantan Mendiknas itu.

Adapun proyek yang dipamerkan merupakan karya para finalis dari sebanyak 618 proyek penelitian siswa. Karya-karya tersebut akan dinilai oleh dewan juri untuk ditentukan pemenangnya.

Total sekolah yang mengajukan proposal penelitiannya tahun ini mencapai 156 sekolah dari 20 provinsi di Indonesia. Kegiatan yang terbuka bagi siswa SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK seluruh Indonesia ini meliputi enam bidang kajian, yakni fisika, kimia, biologi, teknologi, lingkungan, dan komputer.

Pemenang ISPO akan mengikuti ajang sejenis pada tingkat internasional. Pada 2009 dan 2010 lalu, para pemenang ISPO telah meraih berbagai penghargaan, di antaranya medali emas dan perak pada ajang I-SWEEPEP di Amerika Serikat dan ajang IYIPO di Georgia. Selain itu, mereka juga meraih medali emas di ajang ISTE-MOSTRATED di Brasil.
http://edukasi.kompas.com

No comments:

Post a Comment