Tuesday 25 July 2017

Ganti Ban Belakang Mio Z Pakai FDR Genzi apa Corsa R26 100/80-14??

Setahun Pakai Mio Z, mulailah Ban Belakang minta untuk diganti. Tanda-tandanya baru ketahuan dari Ban Belakang Kempes karena Bocor. Saya Baru Sadar kalau kembangan ban belakang sudah tipis.
Corsa R26. Source: google
FDR Genzi Source: Google
Pemakaian sehari-hari untuk kerja kurang lebih 20an Km, belum lagi kalau ada tugas luar. seminggu kadang bisa dua kali pergi-pulang kutoarjo - Jogja. Kadang Lewat Jalur Utama yang banyak lubang dan tambalan jalan, Kutoarjo-Dendels-Wates gass poll jalannya alus banget, dan seringnya lewat kaligesing-Nanggulan yang naik turun.


Pertama Bocor, tukang tambalnya kesusahan Buka Bannya. Alhasil ada lecetan di Velg Belakang :( Tukang Tambalnya bilang kalau nggak kayak mio yang biasanya.
Mulai dari situ, saya nyari-nyari mau ganti Ban Merk apa.. Ukuran Standar bawaan Pabrik Pakai IRC NR 84 100/70-14. Pernah saya lihat ada pemakai Mio Z pakai Ban 100/80, saya tanyain enak nggak pake Ban lebih gambot.. dia jawab nek katanya kurang sreegg karena kegedean..
Saya cari info di internet, nemu Webnya Bengkel Tunas Jaya Jl. Veteran UmbulHarjo. Disitu Harga IRC standarnya Mio Z 100/70 harganya 140rb, saya tanya di Bengkel Yamaha bisa sampe 190rb masih TubeType. FDR Genzi 100/80-14 harganya 205rb, Corsa R26 harganya 200rb. Tapi dibengkel itu belum termasuk ongkos pasang+pentil Tubelessnya.
Kondisi Ban Bawaan yang sudah Alus
Cari Info lagi di Planet Ban jln Godean, Sempet liat-liat gara-gara waktu itu pas rame. Di Rak-raknya berjajar Ban-ban berbagai Merk. Dibawahnya ada Harganya, Corsa R26 seharga 205rb, FDR Genzi seharga 215rb. Infonya sudah termasuk pasang+nitrogen, tapi belum termasuk pentil tubelessnya. Dari pemberitaan di internet, kok planet ban banyak yg negatif ya?? hemm..mikir-mikir lagi..
Di Web FDRnya harga Geenzi 100/80-14 Tubeless 252 ribu, cek disini . Jadi tambah mikir lagi..apalagi akhir bulan.
Terpasang FDR Genzi di Mio z ku
Dapat info dari Bapak-bapak pengguna Xeon yang pakai Genzi depan belakang habis 400ribuan di Indah Motor Kutoarjo.
Kayaknya sudah nggak bisa diundur-undur lagi, apalagi harus wara-wiri. Akhirnya KeBengkel Benteng Agung dari ke Kutoarjo ke Barat, keliatannya ada Corsa Platinum R26 yang cirinya pembungkusnya coklat. Tapi ukurannya hanya ada 90/80, pegawainya sudah naik turun nyari tetep nggak nemu. 
Saya Suruh nyari yang FDR, agak lama nyari pake senter di gudang trus nemu FDR Genzi 100/80. Saya tanya harganya malah nyuruh mbak-mbaknya yang nyari, buka-buka buku pricelist tetep nggak nemu. Akhirnya diserahin ke Bos yang perempuan, Bosnya juga masih itung-itungan pake Kalkulator. Disitu saya merasa Deg..degan.. bingung cari alasan nggak jadi beli kalau harganya sama kayak yang di website atau lebih mahal dari toko-toko yang diatas.
Setelah diitung2, Bosnya bilang kalau harganya 200ribu pas, tapi belum termasuk pasang. Saya nanya kalau sama pasang + pentil tubeless berapa.. Bilangnya pasang 10ribu, pentilnya dapat korting jadi harganya cuma 5ribu. 
Mantap kan..
Akhirnya saya putuskan Jadi Beli FDR Genzi 100/80 dengan Harga 215.000 termasuk pasang+pentil Tubeless.
Ternyata pasangnya juga pake alat khusus, nggak congkel2 kayak dipinggir jalan... hemmm ayemm..
Nggak Perlu-perlu nyari di bengkel atau toko buat nanyain Ban...


1 comment:

  1. Om....velg mio z standart bisa di pake in ban tubeless....gak sering bocor???
    Punya saya baru keluar dari showroom 3 bln ban belakang nya sdh retak .ganti lagi yg baru (standart) beberapa bulan sdh retak lagi

    ReplyDelete