Thursday 31 March 2011

Fitri 'SpiderKid' Bisa Saingi Alain Robert 'Spiderman'


Jakarta - Fitri (9) dinilai punya kemampuan fisik dan kinestis yang bagus. Jika diarahkan dan dibina dengan benar, bukan tidak mungkin 'Spiderkid dari Ciputat' ini mengikuti jejak Alain Robert, 'Spiderman' dari Perancis yang hobi menaklukkan gedung-gedung tinggi dunia.

Lihat videonya disini

"Bisa saja itu. Mungkin Fitri memang sudah punya bakat panjat memanjat," ujar psikolog Liza Marielly Djaprie saat dihubungi detikcom, Rabu (31/3/2011) malam.

Liza menjelaskan memanjat bukanlah kebiasaan gadis cilik. Karena itu, Fitri dinilai memang sudah memiliki bakat.

"Memang sudah bakat alam. Misalnya jiwanya sudah tomboy, biasanya kan gadis kecil girly.

Bisa diarahkan ke wall climbing, atau yang lain. Anak seumur itu kan mudah belajar," terang Liza.

Namun sebelum dibina untuk menjadi atlet panjat tebing, Liza menilai kondisi psikis Fitri harus direhabilitasi dulu. Perlu waktu mengubah pemikiran memanjat sebagai pelarian, dengan memanjat untuk menghasilkan prestasi.

"Jangan hanya dilepas begitu saja ke Komnas Perlindungan Anak. Orang tuanya harus mendampingi. Seperti di sekolah, kita tidak bisa hanya menyerahkan anak pada sekolah. Perlu kerjasama dari berbagai pihak," terang Liza.

Sebelumnya, Kak Seto pun menilai Fitri cerdas dan sangat aktif. Kinestetiknya pun sangat unggul.

"Karena dia sangat aktif dan secara kinestetik sangat unggul, maka dia memanjat apa pun baik pohon, tower atau genteng," kata Kak Seto di Mapolsek Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu (31/3/2011).

Selama berinteraksi dengan Fitri, diagnosa sementara Kak Seto adalah dia mengidap autis dan aspergis.

"Setelah saya lihat, Fitri harus diterapi. Kemungkinannya antara autis atau asperger. Ada beberapa gejala, emosi labil, dan tidak punya rasa takut sama sekali. Dia kena pola yang berulang-ulang contohnya memutar-mutar badannya," kata Seto Mulyadi.

Pada Selasa-Rabu (29-30/3), Fitri telah tiga kali memanjat tower. Pada Selasa , dia dua kali memanjat tower BTS yang sama, yang berada di dekat Polsek Ciputat. Hari Rabu, sekitar pukul 16.00 WIB, Fitri baru saja dievakuasi dari tower yang sama, yang berlokasi di Jl Suka Damai, Ciputat. Fitri berada di atas tower selama kurang lebih satu jam.

Sehari-hari, Fitri terlihat tomboy dan gemar sekali memanjat. Atap-atap rumah tetangganya di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, dijadikan wahana panjat. Orangtua Fitri mengaku tidak sanggup lagi mengurus Fitri sehingga berniat membawanya ke Dinas Sosial Tangerang Selatan. Sedang Fitri mengaku sering digebuki ayahnya.
detiknews.com

No comments:

Post a Comment