Monday 28 May 2012

Pengalaman Tes Psikologi #2

Pada tes kemarin sabtu (26/5), gelombang 1 dimulai jam 06.00 WIB. sampai ditempat tes 05.40 WIB, dan ternyata sudah banyak peserta yang datang. Jam 06.00 mulai absensi daftar hadir yang diletakkan didepan pintu masuk dan langsung mencari tempat masing-masing. Berangsur-angsur peserta mulai memenuhi aula, dan jam 06.30 ada rombongan yang membawa beberapa koper yang ternyata isinya adalah soal tes.

Dari depan, Tes dipandu oleh 3 orang dan mulai dengan membagikan data diri peserta. Data diri berisi riwayat pendidikan, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, riwayat pendidikan, hobi, dll. Setelah selesai, pemandu memulai membagikan Lembar jawab...yang anehnya lembar jawab komputer itu tidak seperti LJK biasanya...pengisiannya dengan menyilang huruf yang ada didalam kotak bukan mengarsir lingkaran dengan  hitam penuh... dan selalu diawali dengan menyilang jawaban pada contoh soal untuk setiap paketnya. jawaban dari contoh selalu ada diatas paket yang akan dikerjakan.

Kalau tidak salah hitung, kayaknya ada 5 sesi... dan setiap sesi ada yang sampai beberapa paket.. dan semua paket selalu dibatasi waktu!!!Untuk sesi Pertama kebanyakan tes verbal.. mulai dari sinonim, antonim, penalaran, dll. kadang kala pilihan jawabannya A sampai F.. ada juga dalam salah satu paket yang jawabannya ada 2 bahkan 3. ada juga pilihan jawabannya 1 sampai 9.

Dari beberapa paket, yang paling menyebalkan adalah logika penalaran gambar, saat nomor awal masih terbilang mudah, tetapi saat sudah nomor pertengahan dan akhir...ampunn deh..kadang kacau gara-gara waktu yang terbatas.. ada yang berupa kubus yang hanya terlihat 3 sisinya, dan masing masing sisi ada tanda tersendiri.. kemudian kubus itu digulingkan kekiri 1x dan di putar kekiri juga satu kali..
contohh!!!!!

Paling tidak 2 sesi pertama dengan kurang lebih ada 10 paket bisa memakan waktu lebih dari 3 jam!!!
Tes selanjuttnya adalah menggambar!!! pemandu memberi tahu perintahnya. peserta disuruh menggambar pohon lengkap! dengan syarat tidak boleh berupa semak, pohon bambu, pohon pisang, dll. dan intinya adalah pohon dikotil dan diberi keterangan!! lagi-lagi dibatasi oleh waktu!!! Tes ini namanya Baum Tree Test!!

Sesi selanjutnya masih berupa menggambar... peserta diberi lembaran kertas yang sudah berisi gambar yang terdiri dari 8 kotak. peserta disuruh pelengkapi gambar tersebut. peserta bebas menggambar dari kotak manapun... setelah selesai peserta memberi keterangan gambar dan memberi tanda pada gambar berupa 'M'=mudah dibuat, 'S'=susah dibuat, '+' = paling disuka, '-' = paling tidak disuka. Tes ini namanya Wartegg Tes!!!

Sebelum sampai tes terakhir, peserta diberi lembaran kertas. peserta disuruh mengisi tentang sifat-sifat yang ada di dalam diri peserta sebanyak 20 hal!!!! lagi lagi dibatasi waktu!!!!

waktu sudah menunjukkan jam 11.45WIB... aku melihat pemandu menyiapkan lembaran kertas besar mungkin ukurannya A3!! dalam kertas tersebut berisi angka pada 2 halaman penuh yang tersusun rapi!!
Instruksinya: peserta hanya disuruh menjumlahkan angka dari atas sampai ke bawah dengan ketentuan jika misalnya ada 9+8 berarti hanya ditulis angka belakangnya yaitu 7, dan ditulis sebelah kanan diantara kedua angka tersebut. jika pemandu bilang GARIS maka peserta menggaris sampai hitungan tersebut dan melanjutkan lagi, begitu seterusnya...
Tes ini benar benar menguras tenaga, pikiran, dan pandangan... dari awal mungkin mudah, tapi setelah mencapai tengah... yang tadinya penjumlahan angka yang mudah, tetapi karena pandangan yang kabur akibatnya bisa salah...benar benar menguras emosi!!!

akhirnya Tes selesai jam 12.45 WIB!!!! nggak pernah terbayangkan sebelumnya kalau akan tes seperti ini sampai 6 jam lebihhhh..!!!!perut belum diisi dari pagi harus menguras tenaga dan pikiran!!

paling tidak ini adalah pengalaman pertama tes pikologi, kedepannya bisa menjadi gambaran......
Sekarang tinggal menunggu hasilnya....!!!!

No comments:

Post a Comment