Sunday 27 May 2012

Pengalaman Tes Psikologi #1

Dalam bayanganku kalau Tes Psikologi biasanya paling lama 2 jam seperti beberapa tes yang pernah aku jalani sebelum-sebelumnya. Tetapi setelah melihat jadewal waktu tes dan perlengkapan yang harus dibawa kok rada janggal ya???? Waktu Tes menunjukkan kalau gelombang I mulai jam 6 pagi dan Gelombang II Jam 11 siang, dan perlengkapan yang harus di bawa salah satunya pensil HB!! Dari situ aku mulai berfikir pasti bukan seperti tes biasanya.. Kalau dianalisa, kenapa harus mulai dari jam 6 pagi dan membawa pensil HB??

Jumat Sore sekitar Jam 2 sampai di Purwokerto langsung menuju TKP, walopun agak tidak sesuai dengan GPS hasil print-printan dari mbah google maps(rodo nyasar-jw). ternyata letaknya berada di Purwokerto Barat paling Utara(nggak msuk wilayah purwokerto????????). Setelah itu muter-muter cari penginapan, tapi disekitar TKP kayaknya sepi kos-kosan dan terpaksa nyari di Kota. Akhirnya dapat penginapan di deket stasiun, kalo dihitung jaraknya sekitar 4 Km dari TKP sehingga menurut perhitungan tidak begitu jauh dan bisa memburu sampai TKP jam 6 pagi!!
Aloen-Aloen Purwokerto
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Masih kepikiran dengan Pensil HB akhirnya aku tanya ke teman yang berpengalaman soal Tes Psikologi. dari cerita temenku itu ternyata pensil itu buat nggambar. kok aneh ya??padahal biasanya kalau dulu ikut tes nggak pernah ada gambar. cerita temenku, gambarnya bisa macam-macam..ada yang gambar pohon, ada yang gambar manusia..

Untuk mengobati rasa penasaran akhirnya aku coba browsing dan cari-cari lewat mbah Google (untungnya bawa si Leppy Ijo). Dari beberapa pencarian, aku sudah dapat beberapa gambaran. Ternyata tes psikologi itu ada berbagai macam.. soalnya dulu taunya waktu tes IQ biasanya paling pooooll cuma mencocokkan gambar.

Aku langsung coba ambil kertas dan coba gambar. yang pertama aku coba adalah ambar pohon (ternyata nama tesnya adalah Baumm Tree) dan gambar manusia (Draw A Person). Setelah beberapa kali coba kayaknya sudah cukuplah walaupun tidak terlalu bagus jika dibandingkan dengan hasil gambar anak TK.

Ada satu lagi yang aku coba gambar, yaitu berupa 8 kotak yang dan didalam masing-masing kotak sudah ada beberapa goresan. Kalau gak salah namanya Wartegg Tes( Warung Tegal?????). kayaknya ini yang paling susah, karena harus bener-bener menggunakan imajinasi. Sampai jam 11 malem lebih kok kayaknya ada yang kurang sreegg ya..

Berhubung sudah malem aku akhiri saja corat-coretnya... mudah-mudahan berguna buat besokny pas Tes...

Bersambung..............

No comments:

Post a Comment