Wednesday 5 December 2012

Belanja Online di Lazada


Awal mula tau Lazada adalah dari banyaknya iklan yang sering muncul di berbagai macam Website. Singkat kata, iseng-iseng buka Websitenya di www.lazada.co.id.
Tampilan Lazada.co.id
Saat awal mulai diklik tidak langsung menuju halaman muka, tetapi disitu tampil penawaran untuk berlangganan magazine dari lazada dengan mendaftarkan alamat email kita. Yang bikin UWOOWnya adalah dengan kita berlangganan magazine maka kita juga mendapatkan Voucher sebesar Rp. 50.000,- dan tentu saja kita setiap hari akan mendapat tawaran lewat email.

Voucher Rp. 50.000,- tentu saja ada syaratnya, antara lain: hanya berlaku dalam waktu 50 hari, hanya bisa digunakan jika kita berbelanja lebih dari Rp. 50.000,-. Penggunaan vouchernya cukup mudah, jika kita melakukan pemesanan, saat melakukan Check Out jangan lupa memasukkan kode vouchernya.

Tadinya saya ragu dengan Lazada, karena testimony barang dagangannya bisa diisi siapa saja walaupun bukan pembeli. Hal ini berbeda dengan Rakuten, yang bisa mengisi testimony di Rakuten hanya yang sudah pernah membeli barang tersebut.

Untuk melakukan pembelian di Lazada, caranya tidak jauh berbeda dengan belanja di Rakuten. Yang jelas jangan lupa melakukan pendaftaran Account di Lazada. Kita pilih barang yang akan kita beli, kemudian ikuti langkah-langkahnya.

Sama sepertidi Rakuten, di Lazada juga ada bebas ongkos kirim. Kalau di Rakuten, bebas biaya pengiriman jika kita belanja kurang dari dua ratus ribu rupiah. Sedangkan di Lazada justru sebaliknya, ongkos kirim gratis jika belanja lebih dari dua ratus ribu rupiah.

Saat selesai melakukan pemesanan, kita hanya diberi waktu 24jam untuk melakukan pembayaran. Jika melakukan pembayaran dengan transfer Bank, jangan lupa memasukkan nomor referansi.
Setelah melakukan transfer, kemudian kita lakukan konfirmaasi pembayaran lewat website Lazada. Isi data  yang jelas dan jangan lupa upload bukti pembayarannya.

Berdasarkan pengalaman pribadi, dari mulai pemesanan sampai barang ditangan memerlukan waktu tidak lebih dari satu minggu. Padahal jasa pengirimannya juga sama dengan Rakuten, yaitu JNE.

Kesimpulan:
  1. Kalau untuk barang dagangan, saya rasa di Rakuten lebih banyak Variasi dan harganya banyak yang mulai dari sepuluh ribuan, sedangkan di Lazada paling murah saya lihat mulai dari lima piluh ribuan.
  2. Untuk pengiriman barang di Rakuten cukup ribet, karena setelah kita melakukan pemesanan kemudian rakuten baru menghubungi toko yang barangnya kita beli (ini pengalaman pribadi, karena barang yang saya beli sudah 1 bulan belum saya terima).
  3. Sedangkan di Lazada, sepertinya semua dilakukan secara terpusat sehingga waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke konsumen juga cepat.
  4. Walaupun sama-sama menggunakan JNE, tetapi di Lazada pengirimannya lebih cepat.
untuk belanja online di Rakuten bisa dilihat disini.

No comments:

Post a Comment