Saturday 10 January 2015

Cari-cari Tiket Bis

Kalau mau bepergian pas liburan seperti ini tentunya segala sesuatunya harus dipersiapkan. Termasuk kalau mau pakai Bis tentuna cari Tiket. Bisa bisa kayak pengalaman Adikku pas Mudik dari Bogor mendadak mau nyari Bis tapi Sudah Jam 6 Sore.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Singkat cerita, akhirnya adikku nyari Bis di Terminal Kampung Rambutan. Sampai disana nyari Bis dapatnya Bis yang jarang terdengar yaitu Putra Luhur dengan harga Fantastis aitu Rp. 290.000/ Orang. Akhirnya saya sarankan untuk nyari Bis Tujuan Tasik kemudian nyambung ke Purworejo.
Alternatif yang ada pakai Bis Budiman, tapi katanya pas tidak ada. Akhirnya ada bis Primajasa Tujuan Kampung Rambutan-Tasik yang berangkat jam 21.00 WIB dengan Tiket yang ditarik di atas Bis seharga Rp. 75.000 dan karena macet kalau biasanya sampai Tasik Jam 02.00 waktu itu Tiba Jam 05.30 WIB.
Budiman
Sampai Tasik nyambung angkot ke Pool Budiman, untuk naik ke tujuan Kutoarjo. Setiap Pagi Bis Budiman Tasik-Jogja ada 4 kali pemberangkatan, sedangkan yang ke Tasik-Semarang ada 3 kali pemberangkatan. Ternyata untuk Pemberangkatan ke Jogja jam 5.30 dan 6.30 sudah Penuh dan baru ikut jam 07.30 dan ada lagi jam 08.30. Karena Macet sampai Kutoarjo Jam 18.30. Puas Tenan di perjalanan.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Mumpung masih ada waktu untuk nyari Tiket, akhirnya nyari informasi dulu di beberapa Agen. Agen Pertama di Pahala Kencana Timur Pool Sumber Alam Harga Tiketnya kalau hari biasa Rp. 165.000 kelas VIP (Dapat Makan+Selimut+Bantal) tapi pas Liburan naik Rp. 10.000 sayangnya sudah habis sampai setelah Tahun Baru.
Pahala Kencana
Agen Kedua Sinar Jaya Mbok Susah Kutoarjo, Pas sampai disana kata yang jaga agen untuk Tujuan ke Bogor mending Pagi sebelum berangkat datang lagi apa Bisnya berangkat atau enggak, artinya juga belum pasti. Adanya Kelas Exe Khas Sinar Jaya dengan Harga Rp. 100.000, sepertinya ada kenaikan pas liburan seperti info di Grup Fb Sinar Jaya.
Sinar Jaya
Nggak Jauh dari Agen Sinar Jaya ada Agen Bis Murni Jaya. Bis ini baru sekitar 2 Tahun nge-line lewat kutoarjo, tapi sudah menjadi idola. Agen ini tidak hanya menjual tiket Bis Murni Jaya, tapi juga Bis Malino Putra, Karya Sari dan Bis Tujuan  Sumatera.
Murni Jaya
Untuk Tujuan ke Bogor dilayani 2 kelas yaitu AC Toilet Seat 2-2 dengan Harga Rp. 145.000 dan Patas AC Seat 2-2 Rp. 135.000. Kedua Kelas ini Jumlah Seatnya 43 Buah dengan Kiri 9 baris, menurut saya cukup lega untuk ruang kaki. Kalau Bis yang lain untuk Kelas Patas rata-rata jumlah seatnya lebih dari 50 seat, seperti Sinar Jaya atau Sumber Alam.
Sumber Alam
Sebenarnya masih ada beberapa Bis dengan Tujuan ke Bogor, salah satunya tentu saja yang punya Markas di Kutoarjo yaitu Sumber Alam, Untuk kelas AC Ekonomi Seat 2-3 Harganya Rp. 100.000 sedangkan Kelas Executive tanpa servis makan Rp. 160.000. Tapi sayangnya pengalaman 2 Tahun yang lalu dengan Bis AC Ekonomi kurang mengenakkan, Sampai Cibinong Hampir Jam 10.00 siang bahkan tetangga pernah sampai cibinong jam 12.00 siang dengan Bis Ekonomi Non AC. Padahal jalanan Lancar hanya macet beberapa saat di indramayu.
2 Tiket untuk tujuan Cibinong sudah ditangan untuk keberangkatan Tanggal 27/12 dengan harga tanpa kenaikan walaupun pas Musim liburan yaitu pertiket Rp. 135.000 untuk Patas AC.

No comments:

Post a Comment