Thursday 1 January 2015

Traveling dengan Sumber Alam dan Sinar Jaya

Tahun 2012
Perjalanan kali ini untuk nganter adikku yang diterima Kerja di Rumah Sakit daerah Cibinong.
Singkat cerita keberangkatan menggunakan Bis Sumber Alam AC Ekonomi seat 2-3 dengan harga Rp. 75.000. Berangkat dari Pool Kutoarjo Jam 17.30 sore,cukup lama untuk menunggu keberangkatan karena bis yang lain dari kutoarjo biasanya jam 5 sore sudah berangkat.
Interior Sumber Alam AC Eko
Bis berjalan beriringan dengan Bis ang lain, Sampai Rumah Makan Sumber Alam Ajibarang jam 22.00 malem. Menu Rumah Makan disini sayurnya cukup bervariasi, cocok dengan lidah orang jawa, kalau di rumah makan Sinar Jaya Indramayu masakannya padang.
RM Sumber Alam Ajibarang
Begitu selesai istirahat, Bis harus mengantri cukup lama untuk keluar dari Rumah makan. Selain harus memutar lewat belakang yang jalannya sudah terpakai untuk parkir Bis, di pintu keluar juga ada pemeriksaan penumpang. Untuk keluar saja butuh waktu lebih dari 30 menit.
berhenti di Cikampek jam 05.30
Selama perjalanan biasa saja, tidak terlalu ngebut, ada kemacetan di daerah Cirebon. Namun setelah masuk indramayu sudah lancar. Supirnya ada 2 sehingga bisa gantian disertai 1 kernet. Padahal jalanan lancar, entah kenapa sampai Cikampek jam 5.30 pagi dan istirahat lagi di SPBU di daerah Cikampek. Setelah 30 menit Bis kembali berangkat melalui jalan raya cikampek, kemudian berbelok ke kiri menuju Tol Cikampek melewati daerah yang akan dibangun pabrik.

Di tengah perjalanan harus terhenti lagi lebih dari 30 menit karena Bis yang didepan harus ganti Ban. Jam 7 kurang berangkat lagi menuju jalan TOL, kecepatan di jalan Tol sekitar 80km/jam termasuk lambat untuk ukuran Bis AKAP. Sampai-sampai sering di Blong Bis-bis dari Solo dan Wonogiri.

Masuk Jalan Raya Bogor tersendat karena sudah ramai orang beraktivitas. Finish di Pertigaan Cibinong Fly over jam 10 pagi. Puas Di jalan.
Flyover Cibinong
Setelah selesai urusan keperluan adik di Cibinong langsung di suruh ikut sepupu ke Sudimara, Tangerang.

Keesokan harinya persiapan pulang ke Kutoarjo, tentu saja tujuannya nyari tiket Bis di Terminal depan Pasar Lembang, Ciledug di anter Om. Akhirnya kembali lagi ke Terminal ini setelah kunjungan Tahun 2003.
Terminal ini lain dari terminal kebanyakan. Menurut yang saya baca dari beberapa tulisan, terminal ini seperti bukan dikelola Dishub mungkin dikelola sendiri oleh agen-agen bis.

Sampai disana langsung disambut orang-orang dari agen tanya tujuannya kemana. Begitu tahu kalau tujuannya ke Purworejo, tinggal orang dari Bis Karya Sari, Sinar Jaya, Handoyo, Dieng Indah. Awalnya Om mau membelikan Tiket Karya Sari harganya sekitar Rp. 80.000 Non AC kursi 2-2, tapi saya bilang ke Sinar Jaya saja. Sedangkan Tiket Handoyo & Dieng Indah kalau nggak salah di atas Seratus ribuan.

Sepertinya walaupun tanpa ada pengawasan dari Dishub/ Polisi penjualan Tiket di sini sesuai tarif asal belinya di loket. Begitu tahu saya mau naik Bis Sinar Jaya, orang dari sinar jaya langsung mengarahkan ke Loket Penjualan dan pembayaran dilakukan di Loket tersebut. Dan orang-orang dari Bis lain terus pergi nyari penumpang yang lain.


Bisnya Tidak Parkir di terminal ini, tapi menaikkan penumpang di Lebak Bulus dulu. Sambil menungggu sambil lihat Bis dari daerah Pantura, ada Bis yang menurut saya penampilannya sangat Eksotis dan sangar dengan Warna Hitam dan livery Merah Kuning. Bis itu adalah BEJEU, sempat bingung baca nama Bisnya. Dengan seat 1-2, dimana di dalam Bis juga ada dispansernya.
Sinar Jaya Wonosobo
Sinar Jaya tujuan Wonosobo sudah siap berangkat karena sudah Full Seat hanya dari Terminal ini saja, sedangkan saya masih harus menunggu Bisnya. Jam 5 sore sudah lewat, dan sebagian Bis sudah berangkat. Hanya ada Sinar Jaya tujuan Cilacap yang belum menaikkan penumpang. Tak lama kemudian Bis yang saya tunggu sudah datang, Kelas Bisnis AC seat 2-3 sudah ada penumpang dari Lebak Bulus dengan Harga Tiket Masih sama Rp. 65.000,-
Interior Sinar Jaya Bisnis AC
Saya dapat seat No 19, artinya dapat jatah yang kursi bertiga. Naik dalam bis sesuai nomor kursi, dan ternyata kursi nomor 20 kosong. Artinya kursi bertiga hanya diisi 2 orang, lumayan lah. Begitu sudah naik semua bis langsung berangkat melewati jalan menuju sudimara kemudian berbelok ke jembatan layang menuju BSD dan Masuk Tol.
Di RM Sinar Jaya Indramayu
Masuk rumah makan di indramayu sudah hampir jam 10 malam, suasananya agak berbeda karena parkirnya tidak sama seperti 2 tahun ang lalu. Tapi menu makananya masih sama, makanan padang dengan sayur kacang panjangnya yang masih dipotong panjang-panjang. Rumah makan ini juga sekaligus sebagai tempat cek penumpang, cara ceknya dengan cara mem-foto nomor lambung didekat pintu kemudian mem-foto penumpangnya beberapa kali.


Sampai terminal kebumen sudah terang benderang, dan ada penumpang dari bis lain yang di oper ke bis saya. Sampai Klepu jam 06.30 pagi.

No comments:

Post a Comment