Thursday 1 January 2015

Pergi dengan Kereta, Pulang dengan Sinar Jaya

Tahun 2010
Perjalanan kali ini ketika saya sudah berstatus jadi Guru di SMK daerah Kutoarjo, ini merupakan perjalanan dinas saya yang pertama ke luar kota. Kami berangkat berdua dari Kutoarjo dengan menggunakan kereta Bogowonto dengan harga tiket waktu itu Rp. 65.000. ini merupakan kereta Ekonomi AC yang pertama di Kutoarjo.

Kereta Sampai di Stasiun Bekasi termasuk telat yaitu hampir jam 6 pagi, padahal di stasiun sudah di tunggu penjemput dari jam 4 pagi. Dari Stasiun Bekasi kami menuju kantor penyalur tenaga kerja di Jababeka Cikarang. Jalanan sudah macet, dan sampai kantor ternyata sudah banyak yang tiba diantaranya dari SMK di Kebumen, Banjarnegara, pekalongan, Wonogiri, Solo, dan setelah kami ada yang datang terakhir dari Bantul.

Dari Kantor di Cikarang setelah membersihkan diri kami menuju ke Sekolah Internasional tempatnya orang berduit di Cibubur. Saya tidak tahu inti kunjungan ini, yang jelas seperti Study banding karena lebih banyak melihat, mendengan dan bertanya. Menjelang sore kami kembali di Kantor Cikarang dan malam harinya menginap di Hotel Grand Cikarang.

Keesokan paginya kami sudah dijemput, tujuan kali ini kesekolah lain yang masih dalam satu pemilik dengan kantor penalur tenaga kerja ini. Namun sekolah ini sekolah biasa dan untuk masyarakat kebanyakan. Pertemaun kali ini lebih banyak membahas tentang tenaga kerja. Saya menganggap perjalanan kali ini sebagai suatu stud banding.

Setelah berkemas kami diantar ke tempat pemberangkatan masing-masing. Yang pertama teman dari Solo & wonogiri menuju agen Bis GMS yang masih di Cikarang. Awalnya saya dan teman dari sekolah akan menggunakan kereta lagi dari stasiun Bekasi, tapi harus mengantar teman dari SMK Kebumen, Banjarnegara dan Bantul ke Pool Bis Sinar Jaya Cibitung.

Perjalanan dari Cikarang ke Cibitung cukup macet dan harus mencari jalan alternatif hingga melewati jalan Kalimalang menuju Pool Cibitung. Sampai di Pool Cibitung saya sudah tidak kuat menahan pusing karena posisi duduk di Mobil Panther di belakang yang berhadapan.

Akhirnya saya putuskan untuk naik Bis saja dari pada harus melanjutkan naik Mobil ke Stasiun Bekasi, sedangkan teman saya masih melanjutkan untuk naik kereta di bekasi.

Di Pool Cibitung saya masih bingung mau naik yang mana, sedangkan teman dari Kebumen, Banjarnegara dan Bantul sudah membeli tiket untuk Bisnis AC RS. Akhirnya saya putuskan untuk beli yang executive, sampai di depan loket ternyata Bisna belum datang sehingga tiket tidak bisa di jual.

Temen dari Kebumen mengajak ikut di bis yang sama karena satu tujuan sampai ke Bantul, dan akhirnya saya ikut dari pada nunggu. Harga Tiketnya untuk Bisnis AC seat 2-3 tujuan purworejo Rp. 65.000. sampai di atas Bis ternyata tempat duduknya bebas memilih, mungkin karena hanya terisi ¾ saja.
Menjelang Maghrib Bis Mulai jalan, ada 2 Sopir dan 1 Kernet. Begitu masuk TOL Pak Supir Langsung Tancap Gas, Sampai Rumah Makan Di Indramayu Hampir Jam 8 lebih karena Pak Supirnya cukup gesit.


Karena cukup lapar saya langsung masuk ke rumah makan yang menediakan menu masakan padang yang saya ingat sayur kacang panjangnya masih dipotong terlalu panjang, sementara beberapa teman hanya menunggu di luar sambil makan Pop Mie. Nggak lama kemudian ketemu teman yang naik Bis tujuan Banjarnegara. Begitu mau keluar rumah makan ada pemeriksaan jumlah penumpang. Singkat cerita saya turun di Klepu sekitar jam 4 pagi.

No comments:

Post a Comment