Friday 27 March 2015

Trip To Solo

Agenda Perjalanan untuk ke Solo sudah disiapkan. Jam 05.30 WIB sudah sampai di Stasiun Kutoarjo, kali ini saya pake kereta Prameks. Kendaraan saya titipkan di luar stasiun karena ongkos parkir di Stasiun Muahal apalagi jika ditempatkan di parkir dalam.
Tiket ke Solo dari Kutoarjo seharga Rp. 12.000,- namun mulai 1 April 2015 mengalami kenaikkan harga dimana untuk Tiket Prameks:
Kutoarjo-Jogja Rp. 8.000,-
Kutoarjo-Solo Rp. 15.000,-
Jogja-Solo Rp. 8.000,-
Saya tidak ada gambaran untuk tujuan di Kota Solo, referensinya hanya dari Internet. Pada awalnya perjalanan kali ini untuk mencoba Bis Patas Sugeng Rahayu yang Golden Star, namun karena ada kabar kalau lagi dipakai untuk Pariwisata jadi rencana perjalanan saya rubah.
Walaupun hari Libur, calon penumpang tidak terlalu membludak. Kereta Prameks tiba di Stasiun Kutoarjo sekitar jam 6 pagi, penumpang yang mau naik sudah berdiri di sisi selatan rel supaya tidak berebutan dengan penumpang yang turun.
Warna keretanya tidak Kuning seperti dulu, kali ini berbalut warna Silver, Merah, Hijau. Komposisi tempat duduk juga berubah, sekarang menghadap ke depan dan kebelakang dari kereta yang berjalan dan sudah berpendingin Udara.
Menurut Jadwal yang ada di Karcis, Kereta berangkat 6.10 WIB dan sampai di Solo Jebres 8.37 WIB. Bila di bandingkan dengan perjalanan dengan Bis dari Kutoarjo ke Solo bisa menghabiskan waktu 4 Jam.
Di gerbong yang saya naiki hanya beberapa orang yang berdiri, termasuk saya setelah dari Stasiun Wates. Hampir sebagian penumpang turun di Stasiun Tugu dan Lempuyangan, namun untuk penumpang yang naik untuk tujuan ke solo juga seimbang. Di dalam gerbong terdapat informasi LED tentang Stasiun tujuan.

Menurut kabar, jika naik kereta ke Solo dan dilanjutkan dengan naik kendaraan Umum lebih mudah turun di Stasiun Purwosari.

Tiba di Stasiun Purwosari Jam 08.30 WIB, lumayan banyak yang turun di Stasiun ini. Bangunan Stasiun di sini bangunannya khas peninggalan Belanda.

No comments:

Post a Comment